animasi naruto

Monday 19 October 2015

Ketiadaan Pangan Dan Kekerasan Negera Di Sektor Agraria


Makanan merupakan hal yang sangat vital bagi kehidupan masyarakat,ketersedian pangan yang baik dan sehat tentunya akan menjadi asupan bagi pertumbuhan gizi masyarakat dunia.
Tidak beberapa lama lagi,masyarakat dunia akan memperingati Hari Pangan Sedunia.Tanggal 16 oktober 1945 merupakan hari yang bersejarah,hari dimana salah satu badan organisasi PBB yang menangangi pangan yaitu FAO (Food And Algicultura Corporation) didirkan.Inilah salah satu rekam jejak adanya Hari Pangan Sedunia.
Dalam menyambut Hari Pangan Sedunia,tentunya ada banyak sekali pelbagai isu-isu khusus dalam dinamika pangan dunia.Indonesia sebagai salah satu negara agraria tentunya harus mempu menjawab berbagai persoalan krisis serta ancaman ketiadaan pangan.Ditengah gaya konsumsi rakyat indonosia yang serba impor dan kebarat-baratan,ini justru melemahkan kekuatan pangan lokal indonesia yang sudah mulai terkikis sedikit demi sedikit sudah mulai hilang.
Ada persoalan substansial yang menjadi pertanyaan besar ditengah krisis kelaparan,krisis ketiadaan pangan dan krisis terhadap lingkungan.Yang pertama apakah rakyat tidak cukup mempunyai akses dalam memenuhi ketersedian pangan? Yang kedua apakah pangan itu ada,namun tidak bisa diakses? Atau adanya distribusi pangan yang tidak adil,karena tidak adanya akses untuk memenuhi ketersedian pangan tersebut.?
Sebagai salah satu negara agaria yang mempunyai potensi sumber daya alam mulai dari darat dan laut,ternyata masih saja ancaman,krisis lingkungan itu masih terus ada,hal ini dikarenakan beberapa faktor.
a.     Pasar tidak dikuasai seutuhnya oleh pemerintah sehingga dengan mudanya kapitalisme merajale dan menjadi hama bagi petani indonesai.hal ini sungguh menjadikan indonesia sebagai surganya investasi asing.

b.     Banyak korporat-korporat besar yang mengusai lahan-lahan pertanian dan menprivatisasi sebagai kekayaan individu. Riset WALHI, penguasaan SDA ada dikorporasi skala besar bukan ada ditangan petani.Realitas Sumber Daya Alam yang ada untuk provit para korporat-korporat besar bukan untuk rakyat indonesia.Akhirnya banyak petani yang menjadi buru dilahannya sendiri,bukan lagi menjadi petani tetapi menjadi buru tani.

Inilah salah satu wajah ramah indonesia, Wajah kekerasan disektor Sumber Daya Alam,alir kapiltalisme, pelanggaran HAM, perampasan tanah, buruh tanah,satbilitas poltik, utang luar negri:korupsi,semunya dalam aliran kapitalisme.ada banyak sekali ketimpanga disektor Sumber Daya Alam.
Sudah menjadi hukum sejarah ketika hari ini masih ada pihak yang serahka maka, itu harus dilawan.Ketika masih ada yang tamak maka, harus melakukan penolakan.Ketika hari ini lahan lahan petani masih di miliki oleh di perusahaan-perusahaan besar maka, itu harus dirampas.





0 komentar:

Post a Comment

 
Design by http://ifmilfaukuma.blogspot.com/ | Bloggerized by ifmilfaukumai